Presiden Belarusia tidak mau menerima syarat tambahan untuk mendapatkan pinjaman luar negeri

19 Juni 2020

 

MINSK, 19 Juni (BelTA) – Syarat tambahan yang tidak ada hubungannya dengan keuangan tidak dapat diterima bagi Belarusia, kata Presiden Belarusia, Aleksandr Lukashenko, ketika berbicara tentang pinjaman eksternal selama pertemuan untuk membahas langkah-langkah dukungan dalam sektor ekonomi riil pada bagian sistem perbankan, sebagaimana yang dipelajari BelTA.

Aleksandr Lukashenko bertanya kepada para peserta pertemuan bagaimana keadaan dengan pemberian bantuan kredit luar negeri ke Belarus. “Apa syarat dari mitra kita? Diumumkan bahwa mereka dapat memberi Belarus 940 juta USD dalam apa yang disebut pembiayaan cepat. Bagaimana keadaan di sini?” Lukashenko bertanya.

Pada saat yang sama, dia menekankan bahwa syarat tambahan yang tidak berlaku dalam sektor keuangan tidak dapat diterima oleh negara. “Kita mendengar tuntutan, misalnya, untuk mencontohkan respons virus corona dengan Italia. Saya tidak ingin situasi Italia terulang di Belarusia. Kita punya negara dan situasi kita sendiri,” kata presiden.

Menurut presiden, Bank Dunia telah menunjukkan minat pada praktik respons virus corona Belarusia. “Mereka siap mendanai kita sepuluh kali lebih banyak daripada yang ditawarkan pada awalnya sebagai tanda pujian atas upaya efisien kita melawan virus ini. Bahkan Bank Dunia sudah meminta Kementerian Kesehatan untuk berbagi pengalaman. Sementara itu, IMF terus menuntut kita melakukan karantina, isolasi, jam malam. Ini tidak masuk akal. Kita tidak akan menari mengikuti irama siapa pun,” kata presiden.

Download

Terkait

Leave a Comment