Tanggapan atas Persoalan Darwinisme, Kendali Kelahiran dan Taqdir (Takdir)

Download

Oleh: Maulana Fazlur Rahman Ansari Al Qaderi rahimahullah

 

Darwinisme

Mengenai konsep evolusi, kitab suci Al Qur’an adalah kitab pertama dalam sejarah yang diketahui sudah mengeluarkan konsep evolusi dan menegaskan konsep tersebut dalam dimensi kehidupan yang berbeda. Menurut Al Qur’an, manusia itu evolusioner; kehidupan di bumi – apakah tanaman atau hewan – itu evolusioner, dan seluruh alam semesta itu sendiri evolusioner. Salah satu nama istimewa Allah (Subhanahu wa Ta’ala) adalah Rabb. Menurut mufasir Al Qur’an, misalnya Imam Raghib al-Isfahani, Rabb diartikan sebagai: “Satu yang memimpin sesuatu dengan menjaga dan memeliharanya dari satu tahap pertumbuhan ke tahan berikutnya dan membimbingnya mencapai tujuannya.”

Teori evolusi sudah ada jauh sebelum Darwin muncul. Ibn Miskawayh, misalnya, yang menulis buku yang berjudul “Kitaab al-hayawaan” (Buku tentang Kehidupan Hewan), di mana dia mengembangkan teori evolusi secara ilmiah. Dia terinspirasi oleh Al Qur’an dan mengumpulkan seluruh data dan merumuskan teori ilmiah. Buku tersebut diterjemahkan ke bahasa Latin dan diajarkan dalam bahasa Latin selama beberapa abad. Jika seseorang membandingkan buku Miskawayh dengan teori “Asal-usul Spesies” Darwin, ada banyak bagian yang menjadi terjemahan literal yang berasal dari buku Ibn Miskawayh. Darwin, seperti kebanyakan cendekiawan Barat, tidak mengakui hutang mereka kepada cendekiawan Muslim.

Teori Darwin, landasan yang menjadi prinsip seleksi alam, transmutasi (perubahan) spesies, dan istilah “yang terkuat yang bertahan hidup”, dan bagaimanapun, itu semua mengandung unsur bias yang subjektif. Ketika Darwin muncul, konflik besar timbul antara para pemimpin Gereja dan para pemimpin Pencerahan (pada abad Pencerahan Eropa). Para pemimpin Pencerahan yang memperoleh pendidikan Muslim dalam hal sains, matematika, dll., dibakar di tiang atau dipenjarakan dan dibunuh.

Oleh sebab itu, kebencian dan permusuhan berkembang antara Gereja dan para pemimpin Pencerahan (Enlightenment). Pada akhirnya, Gereja tidak bisa menekan mereka, dan tujuan mereka diambil oleh Darwin yang memiliki misi untuk menghancurkan Gereja dan semua yang diperjuangkannya. Jadi dia menyusun sebuah teori di mana prinsip campur tangan Tuhan dapat disangkal, sehingga seluruh struktur agama akan runtuh ke tanah. Jika Tuhan bisa dianggap tidak perlu atas keberadaan alam, maka kepercayaan kepada Tuhan jadi berlebihan. Darwin bekerja dengan teori ini dengan indah dan memberi kita teori sebab-akibat mekanis dalam biologi untuk menjelaskan asal-usul dari semua hal yang ada. Hal ini bertentangan dengan pandangan Kristen tentang makhluk ciptaan Tuhan.

Dia memulainya dengan teori amuba, sel kesatuan, dan berkata bahwa melalui fisi (pembelahan), sel berkembang biak, (ini fakta dalam biologi) dan mengubah dirinya menjadi organisme yang lebih kompleks. Kemudian dia merumuskan prinsip mutasi (perubahan), dan berkata bahwa kehidupan di bumi sudah muncul dari bentuk yang lebih sederhana, perubahan dimulai dari amuba sampai perubahan akhir manusia, yang disebut mutasi kera. Di sini lah orang-orang merasa terhina.

Akbar Ilaahabaadhi melaporkan: “Mansur berkata, ‘Aku adalah tuhan’ dan Darwin menjawab, ‘Aku adalah seekor kera’,” dan temanku berkata bahwa setiap orang berpikir menurut kemampuan atau tingkat daya paham. Izinkan saya berbicara tentang dasar pengetahuan ilmiah itu sendiri.

Tidak ada salahnya jika Allah (Subhanahu wa Ta’ala) berencana dengan cara bahwa spesies yang berbeda di bumi ini harus ada dengan cara seperti yang dikatakan Darwin. Lagi pula, tubuh manusia sebelum muncul ke dunia ini berasal dari embrio dalam bentuk yang berbeda. Bentuk embrio itu jelek, seperti kadal, dan terus berubah bentuk sampai menjadi bayi normal. Setiap manusia berubah bentuk dalam rahim ibunya, dan jika spesies merubah bentuknya seperti itu, maka tidak ada yang terhina. Karena itu, kita tidak seharusnya mengambil sudut pandang tersebut.

Dari sudut pandang ilmiah, teori evolusi Darwin bukan lah satu-satunya. Ada kaum vitalis, fundamentalis, evolusionis kreatif dan telefinalis. Jadi, haluan pemikiran Darwin bukan lah satu-satunya. Orang barat mencoba untuk berpegang teguh pada teori itu karena konten ateistik. Alasan lainnya adalah tren utama Barat sudah mengembangkan pandangan materialistis. Ada kecenderungan untuk mendukung ateisme secara emosional dikarenakan permusuhan Barat terhadap Gereja.

Di Barat, teori lain muncul. Ahli biologi hebat, Gabius Haldane dan orang lainnya yang masih hidup, secara terbuka menantang teori Darwin. Ilmuwan modern berkata: “Jika kita membuat eksperimen mutasi, kita selalu menemukan kalau mutasi itu berbahaya bagi organisme (yakni organisme berkembang melalui mutasi).” Atas dasar ini, ahli biologi seperti Haldane bertanya bagaimana organisme yang sehat bisa berevolusi di alam? Jadi, bagi mereka prinsip ini tak masuk akal dan akibatnya, teori Darwin runtuh ke tanah.

Agar sebuah teori menjadi ilmiah, teori itu harus punya semua mata rantai yang dapat dilacak, dapat dibuktikan dan tak bisa dibantah. Dalam kasus teori Darwin, mata rantai yang hilang masih belum ditemukan. Karena itu, teori ini hanya sekedar fiksi, tak berdasar dan tak ilmiah. Jika kita memandang evolusi spesies dari sudut persatuan (tawhid), kita akan melihat bahwa prinsip ini menembus segala sesuatu di alam semesta. Kemudian kita akan menerima teori telefinalis. Sebagai berikut:

Ada sebuah pohon kehidupan kesatuan, dan pohon ini berevolusi menghasilkan spesies tertentu, spesies ini berevolusi sebagai cabang atas batang pohon tersebut. Tidak ada mutasi. Ini bukan berarti satu cabang berubah menjadi yang lain – masing-masing cabang itu independen. Manusia muncul ke bumi setelah berevolusi dan matang, sampai tingkat yang paling tinggi, yakni manusia, hidup dan bertahan di sini (di dunia).

Menurut Al Qur’an, dasar keberadaan semua kehidupan hewan adalah satu – apakah hewan itu amuda, kera, atau kucing. Al Qur’an menyatakan:

﴾… وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ …﴿

… dan Kami ciptakan segala sesuatu yang hidup dari air; … Q.S Al Anbiyaa, 21:30

Tentang spesies manusia, Al Qur’an menyatakan:

﴾ وَاللَّهُ أَنبَتَكُم مِّنَ الْأَرْضِ نَبَاتًا ﴿

Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah, tumbuh (berangsur-angsur)Q.S Nuh, 71:17

Nabaata, kepribadian manusia yang sederhana ini muncul dari bumi, dan ini lah yang dikatakan Darwin dan semua evolusionis lainnya. Al Qur’an mengatakan bahwa manusia pertama muncul dari lumpur hitam:

﴾ وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإِنسَانَ مِن صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ ﴿

Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk.Q.S Al Hijr, 15:26

Persis seperti yang dikatakan ilmuan modern. Lumpur hitam dapat ditemukan di tepi laut, dan mungkin maksud dari tepi laut itu – secara kiasan atau harfiah – adalah makam nenek moyang kita, Hawa, di Jeddah.

Tentang kepribadian manusia, Islam berpandangan berbeda dengan Darwinis dan evolusionis lainnya. Menurut ilmuwan modern, mereka mengklaim bahwa mereka tidak tahu apa itu “jiwa”, dan hanya berbicara dalam istilah “tubuh”. Menurut Islam, semua manusia diciptakan ketika “Fajar Penciptaan”. Diciptakan dalam bentuk apa? Dia lah, Allah, yang menciptakan manusia dalam bentuk al-ruuh – kepribadian esensial atau makhluk esensial. Al Qur’an menyatakan:

Allah Yang Maha Kuasa mengumpulkan semua anak cucu Adam dan bertanya:

﴾… أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ …﴿

… “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” … Q.S Al A’raf, 7:172

dan semuanya menjawab:

﴾… قَالُواْ بَلَى …﴿

…“Benar, (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi”… Q.S Al A’raf, 7:172

Berada di mana seluruh umat manusia saat itu? Artinya bahwa itu adalah al-ruh (kepribadian esensial), dan tahap itu adalah dialog antara Allah (Subhanahu wa Ta’ala) dan al-ruh. Sebagaimana Mawlana Jalaluddin Rumi (rahimahullah), filsuf hebat dan ulama sufi Islam berkata:

Ciptaan esensial ini (kepribadian) telah hidup selama milyaran tahun dan telah melewati tahap keberadaan perkembangannya.

Kepribadian esensial muncuk ke dunia – menembus tanah, berkumpul di sekelilingnya sebuah inti dari semua material duniawi dalam bentuk partikel-partikel fundamental di mana tubuhnya akan dibentuk. Kemudian mulai mewujudkannya sendiri.

Dengan demikian, kepribadian esensial tumbuh dari bumi, meskipun diciptakan di Jannah. Masalah sudah terpecahkan dengan cara ini. Karena itu, bisa dipahami degan jelas bahwa Adam (alaihi salam) dan Hawa (alaihi salam) diciptakan di Jannah, tapi lahir di bumi. Ingatlah ayatnya:

  يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم﴿

﴾… مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ

Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu terkait hubungan kalian satu sama lain, yang diciptakan dari satu tunggal entitas kehidupan. …Q.S An Nisaa, 4:1

Nafs-wahidah (satu jiwa) ini,  adalah entitas terintegrasi yang sadar di mana sel kesatuan pertama muncul – sel kesatuan dari konstitusi manusia. Sel kesatuan ini terbelah melalui fisi (pembelahan), dan ketika terbelah, sel ini menjadi dua. Sel pertama selalu lebih besar daripada sel lainnya – seperti yang diketahui para ahli biologi. Sel yang lebih besar adalah Adam dan sel yang lebih kecil adalah Hawa.

﴾… وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا …﴿

… Dan tercipta dari itu sendiri, pasangannya. … Q.S An Nisaa, 4:1

Kendali Kelahiran dalam Islam

Nabi Muhammad (shallallahu ‘alaihi wa sallam) bersabda bahwa apakah kamu melaksanakannya atau tidak, jiwa-jiwa yang muncul ke dunia ini, tetap akan lahir. Tapi jika ada kebutuhan untuk melaksanakan kendali kelahiran, maka manusia hanya perlu berusaha, sisanya berada di “Tangan” Tuhan. Pikirkanlah, kendali kelahiran bukanlah sebuah kebajikan, karena prinsip pernikahan dalam Islam adalah hal yang menghasilkan (procreation) dan bukan nafsu. Jika kendali kelahiran diperlukan, maka manusia harus melakukan tugasnya, dan Tuhan pun melakukan apa yang ingin Dia lakukan. Manusia bekerja menurut Hukum. Apakah dia akan gagal atau berhasil, Tuhan Yang Maha Kuasa akan menilainya menurut motif (niat) yang dia punya: Dan Tuhan Yang Maha Kuasa akan menilai perbuatannya menurut motif yang dia punya.

Taqdir (Takdir)

Persoalan ini sudah membuat sakit kepala para pemikir di dunia, baik dalam agama Kristen, Islam, dan sebagainya. Tentu saja, ada beberapa agama yang sepenuhnya mengajarkan taqdir, seperti Buddhisme dan Hinduisme. Agama-agama ini mengajarkan hukum atau ketetapan karma – di mana segala sesuatu benar-benar sudah ditentukan sebelumnya.

Dalam sejarah Islam, ada perbedaan ajaran pemikiran. Ada Qadariyyah (ini bukan tarekat Sufi) dan ada Jabariyyah. Qadariyyah berkata bahwa manusia itu benar-benar bebas. Jabariyyah berkata bahwa manusia itu benar-benar berada di bawah ketetapan – dimana manusia tidak bebas dengan cara apapun. Ahlul-sunnah wal al-jama’ah berkata bahwa posisi manusia antara ketetapan dan kebebasan.

Ketika kalian membaca Al Qur’an, kalian akan menemukan kalau dua kondisi tersebut sudah disebutkan dalam Al Qur’an, yakni kebebasan dan ketetapan. Terkait kebebasan:

﴾… فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاء فَلْيَكْفُرْ …﴿

… barang siapa menghendaki (beriman) hendaklah dia beriman, dan barang siapa menghendaki (kafir) biarlah dia kafir. …Q.S Al Kahfi, 18:29

Perihal ketetapan, kita diberi tahu:

﴾… قُل لَّن يُصِيبَنَا إِلاَّ مَا كَتَبَ اللّهُ لَنَا ﴿

Katakanlah (Muhammad), Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. …Q.S At Taubah, 9:51

Manusia itu bebas secara akhlak tapi secara fisik sudah ditetapkan. Dunia jasmani adalah dunia ketetapan. Ini lah dunia rantai sebab-akibat (hubungan sebab-akibat), artinya, sebuah peristiwa membangkitkan peristiwa lainnya. Seluruh dunia jasmani adalah sebuah serangkaian sebab dan dampak dan ketika penyebabnya terjadi, dampak pasti akan terjadi. Jadi, begitu lah dunia ketetapan. Semua perbuatan jasmani terjadi dengan cara ini, dan tidak ada manusia mana pun yang bisa mengendalikannya. Lalu, apanya yang kebebasan?

Kebebasan adalah kebebasan dalam berkehendak, bukan kebebasan dalam bertindak. Kebebasan berkehendak lah yang dianugerahkan kepada manusia, melalui dekrit (keputusan) sesuai Kehendak-Nya, ini terbatas pada domain kehendak itu sendiri, dan itu lah mengapa Nabi Muhammad (shallallahu ‘alaihi wa sallam) mengklarifikasi masalah ini ketika beliau bersabda:

Nilai perbuatan terletak pada motif (niat) nya. dan setiap orang akan diadili menurut motif (niat) nya.

Ketika kalian menganalisa setiap tindakan secara psikologi ke dalam faktor komponennya, maka ada tiga faktor dalam setiap tindakan: motif, bentuk dan akibat dari perbuatan itu sendiri. Motif bisa dengan mudah berbeda. Misalnya, si “A” mengendarai mobil, menabrak seseorang yang sedang lewat dan orang itu meninggal. Si “B” sedang mengendarai mobil, menabrak seseorang, dan orang ini juga meninggal. Bentuk perbuatan dan dampak yang dihasilkan dari kedua tindakan tersebut adalah sama, tapi bagaimana dengan motifnya? Motif si “A” mungkin bukan untuk membunuh orang itu, dan itu hanyalah kecelakaan. Motif si “B” mungkin sengaja untuk membunuh orang itu sedemikian rupa agar dia tidak ketahuan dan bebas dari hukuman gantung.

Motif (niyyahs) nya berbeda, karena itu, nilai tindakannya berada dalam motifnya dan bukan terletak pada dampak yang dihasilkan. Jadi, manusia diadili berdasarkan motif atau niat. Motif lah yang akan ditimbang pada Hari Perhitungan kelak, bukan tindakannya. Dalam niat tersebut, entah bagaimana, Allah Maha Tahu bagaimana mekanisme yang terkandung tapi manusia jelas dianugerahi dengan kebebasan.

Jika kita tidak menerima sudut pandang ini, maka Allah (Subhanahu wa Ta’ala) akan dianggap sebagai zat yang paling tidak adil dan sewenang-wenang. Jika Dia tidak memberiku kebebasan, maka hak apa yang ingin diperhitungkan oleh-Nya dari saya? Jika segala sesuatu sudah ditentukan oleh-Nya dan motif (niat) juga ditentukan olehnya, maka saya ini hanyalah sebuah alat. Bagaimana bisa alat dipertanyakan atas tindakannya? Karena itu kita percaya pada kebebasan yang terbatas pada kemauan.

Mari kita lihat dari aspek lainnya – yang merupakan keindahan dalam Islam. Jika segala sesuatu terjadi dalam hidup saya sudah ditentukan, maka sebuah upaya yang saya lakukan menuju kehidupan yang benar tidak akan merubah takdir di muka bumi ini. Di sini lah manusia akan frustrasi. Dia ingin kebaikan dalam hidup ini, dan itu lah apa yang diajarkan Al Qur’an. Kita diajarkan untuk berdo’a:

﴾… رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً …﴿

… “YaTuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”Q.S Al Baqarah, 2:201

Bagaimana kita mencapai ini? Juga, ada keinginan kuat dalam diri manusia untuk menghindari kegagalan dan mencapai kesuksesan, untuk menghindari rasa sakit dan mencapai kebahagiaan. Begitulah sifat manusia. Bagaimana Islam memenuhi kondisi ini dalam sifat manusia? Filsuf hebat, Imam Al Ghazzali (rahimahullah) dan ulama kontemporer Shah Waliyullah (rahimahullah) telah menyebutkan sebuah teori fungsi dunia yang disebut pengulangan bentuk.

Misalnya, ambil sebuah peristiwa yang sudah terjadi dalam sejarah alam semesta ini, berkali-kali dan tak terhitung tingkatannya. Tapi belum terjadi, di sini, untuk pertama kalinya. Izinkan saya menjelaskan lebih lanjut. Ketika seseorang bermimpi tentang sebuah peristiwa, dan peristiwa itu hanya terjadi dalam kehidupan nyata, lima tahun kemudian – apa yang dilihat orang tersebut? Bayangkan – sebuah peristiwa yang belum terjadi dan sesuatu yang belum ada. Ingatlah, mimpi yang benar adalah fakta kehidupan. Banyak sekali orang yang sudah mengalaminya. Apa yang dilihat orang tersebut di dalam mimpi yang benar? Dia mengamatinya pada “jarak” lima tahun sebelum waktu kejadian dalam dimensi ruang-waktu pengalaman. Ini lah yang disebut, tajaddud al-amthal.

Cobalah untuk memahaminya dengan cara ini. Semua peristiwa yang terjadi sudah ditentukan dan peristiwa ini terjadi pada tingkat keberadaan yang berbeda. Ketika peristiwa-peristiwa ini sampai pada tingkat dimensi ruang dan waktu, maka kita mengalaminya terjadi pada tingkat yang konkrit atau fisik. Hal yang utama bukanlah tentang apa yang terjadi, tapi pengalaman yang diperoleh dari peristiwa yang terhitung. Dia tidak tertarik pada bentuk peristiwa tersebut, tapi pengalamannya, karena manusia adalah makhluk pengalaman dan dia hidup di dunia pengalaman. Pengalaman membuatnya sedih atau senang, bahagia atau marah. Tentu saja, mungkin ada rangsangan jenis yang berbeda – fisik atau psikis.

Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam pengalaman manusia, akan terjadi ketika kita bangun dan juga ketika kita tidur, yakni dalam mimpi. Ketika seseorang melihat sebuah peristiwa dalam mimpi – sesuatu yang bagus atau mimpi buruk – secara emosional, akan menghasilkan dampak. Jadi, ada dampak dari pengalaman tersebut; apa yang tidak ada adalah akibat material.

Kini, Islam berkata bahwa kalian bisa merubah takdir kalian dan Allah (Subhanahu wa Ta’ala) tidak lah terbelenggu atas apa yang sudah ditetapkan-Nya. Islam tidak percaya apa yang dipercayai Hinduisme dan Buddhisme. Hinduisme berkata bahwa Brahma atau Vishnu adalah budak dari karma. Seseorang tidak bisa merubahnya.

Al Qur’an menyatakan:

﴾ يَمْحُو اللّهُ مَا يَشَاء وَيُثْبِتُ وَعِندَهُ أُمُّ الْكِتَابِ ﴿

“Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki. Dan di sisi-Nya terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuz).”Q.S Ar Ra’d, 13:39

Dia bisa menetapkan dan menghapus apapun. Dia tidaklah terbelenggu atas Hukum yang Dia tentukan, Dia adalah Pencipta Hukum dan dengan kekuatan tanpa batas dan hikmah. Apa yang diminta dari kita adalah mensucikan motif (niat). Tazkiyah, tujuan Islam, yakni pensucian motif (niat). Jika niyyah (motif) nya murni, maka perbuatan, pemikiran dan pekerjaan kalian akan murni. Islam meminta pensucian dalam motif yang berhubungan dengan keiinginan, dan kita diberi kebebasan dalam berkehendak. Karena itu, berniatlah melaksanakan tazkiyah dan maka hal-hal buruk yang seharusnya terjadi pada kalian akan dirubah ke dalam mimpi. Meskipun hal-hal itu sudah ditentukan, mereka akan muncul sebagai keadaan mental, daripada kenyataan fisik.

Allah (Subhanahu wa Ta’ala) adalah dhul-fadhil ‘azim (Q.S Al Hadid, 57:21). Dia memberikan lebih daripada yang patut kita terima, jadi usaha yang kita lakukan demi pensucian menjadi orang yang saleh akan menghasilkan buah yang positif.

Apapun kebaikan yang akan kita terima dalam hal skema universal, Allah Yang Maha Kuasa bisa menambahnya, karena Dia adalah Pencipta dan Permulaan dari segala sesuatu. Sifat asli-Nya adalah Rabb. Dalam Surah Al Fatihah, Dia pemberi kasih sayang dan rahmat lima kali lipat, dan kemudian hanya Dia lah yang akan memperhitungkannya. Dan dalam memperhitungkannya, Dia berfirman:

﴾… وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ …﴿

… rahmat-Ku meliputi segala sesuatu – (di dunia ini dan hari penghakiman kelak) …Q.S Al A’raf, 7:156

Jadi, Cinta, Kasih Sayang Allah, apa yang Dia lakukan, seperti yang dinyatakan Hadits: Jika kamu berjalan menuju Allah satu langkah, Dia akan maju kepadamu sepuluh langkah.

Ini lah sifat Allah (Subhanahu wa Ta’ala) – Maha Pemberi Rahmat dan fadl – yang bahkan merubah hal-hal jelek menjadi hal-hal bagus dalam kehidupan seseorang dan memberikan manusia kehidupan yang sukses. Manusia bisa jadi master atas takdirnya sendiri – terlepas fakta bahwa dunia ini adalah dunia ketentuan. Dengan menjalankan hak prerogatif kebebasan dari kehendaknya, manusia bisa mensucikan motifnya (ini lah yang harus kita lakukan) dan sisanya Allah Yang Maha Kuasa lah yang mengurusnya.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

 

Sumber:

Maulana Fazlur Rahman Ansari (r.a.h), Tazkiyah & Islamic Leadership, World Federation of Islamic Missions, https://wfim.org.pk

 

 

Catatan Admin:

  • Ketika mengambil atau mengutip segala materi baik dalam bentuk tulisan maupun hasil terjemahan dari website Eskatogi Islam ini, mohon masukkan tautan ke artikel asli.

Tulisan ini diambil dari buku transkrip ceramah yang berjudul, “Islam To The Modern Mind” yang ditulis oleh Maulana Fazlur Rahman Ansari Al Qaderi rahimahullah.

Maulana Fazlur Rahman Ansari Al Qaderi rahimahullah
Maulana Fazlur Rahman Ansari Al Qaderi rahimahullah
Maulana Fazlur Rahman Ansari Al Qaderi rahimahullah

Beliau merupakan Ulama Islam terkemuka di dunia, Filsuf, Orator, Mubaligh, Guru, Penulis serta Pemimpin Spiritual. Karena beliau memiliki kualitas-kualitas yang beragam, beliau sangat berpengaruh pada pikiran dan hati Muslim dan Non-Muslim di belahan dunia, termasuk Perdana Menteri, Para Ulama, para pemikir, Professor, Pejabat Pemerintah, Jurnalis, pemimpin politik, Sufi, dll.

Beliau lahir dari keluarga Islam yang taat pada tanggal 14 Agustus 1914 di Muzaffarnagar, Provinsi UP, India. Beliau merupakan keturunan dari Hazrat Abu Ayoob Ansari (radliallahu anhu) of al-Madīnah alMunawwarah, seorang sahabat Rasulullah (s.a.w) yang rumahnya ditempati oleh Rasulullah (s.a.w) ketika pertama kali tiba di Madinah di masa hijrah.

Pada usia 7 tahun beliau sudah hafal Al Qur’an dan pada usia 19 tahun beliau tamat dari kurikulum Dars-i Nizami. Setelah tamat sekolah, beliau kemudian melanjutkan kuliah dan memperoleh gelar Bachelor of Arts (BA) dan Bachelor of Science (BSc) di Universitas Aligarchi dan memperoleh Medali Emas. Kemudian dia melanjutkan ke tingkat Master dengan jurusan Filosofi dan memperoleh nilai yang luar biasa, 98%, dan masih dianggap belum ada yang bisa menandingi nilainya.

Dr. Fazlur Rahman Ansari rahimahullah, Alhamdulillah, tetap berada di bawah bayang-bayang Fazl of Rahman-Allah. Allah (سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى) memberinya dua Guru Besar. Dia membaca Post Dars-e-Nizamia melalui bimbingan Aala Hazrat Imam Al-Sharah Allama Syed Sulaman Ashraf dan Filsafat Modern oleh Dr. Syed Zafarul Hassan dan kedua guru ini terkenal dan kepribadiannya yang luar biasa pada masanya.

Selama menjadi mahasiswa, beliau lulus semua ujian di kelas satu. Dia lulus pada tahun 1935 dengan kelas pertama, divisi pertama, dan menerima Medali Emas untuk berdiri pertama di BA dan B.Sc ujian gabungan. Dia menerima Medali Emas karena telah membuat rekor baru 98% dalam ujian Philosophy B.A (Bachelor of Arts). Dia lulusan pertama pada kelas pertama di B.Th (Bachelor of Theology) dan lulus M.A (Master of Arts) Filosofi di kelas pertama. Dia sendiri mengajar secara independen mata kuliah M.A di banyak mata pelajaran seperti Politik, Ekonomi, Studi Perbandingan agama dan membaca banyak Ilmu Fisika, seperti Mitologi, Sejarah Peradaban dan Budaya, Hukum dan Obat-obatan terutama Homeopati, dll., dan belajar bahasa Jerman. Beliau menguasai 5 bahasa, yakni Arab, Inggris, Urdu, Jerman, dan Persia.

Pada tahun 1947 beliau menyelesaikan tesis penelitian PhD, tetapi karena keadaan yang tidak menguntungkan dari migrasi ke Pakistan (ketika Pakistan hendak memisahkan diri dari India), tesis lengkapnya tertunda. Namun beliau diberikan gelar PhD pada tahun 1970 oleh Universitas Karachi untuk tesisnya tentang Kode Moral (Akhlak) Islam dan latar belakang Metafisiknya

Untuk mencerahkan pemikiran dan meningkatkan semangat religius, Allah (سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى) membawanya bertemu dengan Maulana Shah Abdul Aleem Siddiqui rahimahullah (keturunan Abu Bakr Shiddiq radliallahu anhu), seorang Khalifah Aala Hazrat Maulana Ahmed Raza Khan dari Bareli (rahimahullah) dan seorang Ulama Islam terkemuka di dunia pada masa itu. Maulana Abdul menerima beliau sebagai Murid secara spiritual.

Maulana Abdul Aleem Siddiqui memberinya Ijaz (otoritas) dalam urusan spiritual di dalam Hateem of Kaba. Maulana Abdul Aleem Shiddiqui menerima menerima beliau sebagai anggota keluarganya dan menikahkan putri sulungnya dan memilih beliau sebagai menantu laki-lakinya. Setelah wafatnya Hazrat Abdul Aleem Siddiqui (radliallahu anhu) beliau diangkat menjadi Raees-ul-Khalifa dari Halqa-e-Aleemiyah Qaderiyah.

Pada tahun 1944-1946 Dr. Fazlur Rahman Ansari terpilih sebagai anggota Komite Perencanaan Pendidikan di bawah mandat yang diberikan oleh Quaid-e-Azam Muhammad Ali Jinnah.

Dr. Fazlur Rahman Ansari, selain mempelajari mistisisme Islam (Al Ihsan/Tasawwuf) dari Shah Abdul Aleem Siddiqui (RA), melakukan perjalanan jauh dan luas. Beliau mulai mulai melakukan tur dakwah sebagai anak didik Maulana Abdul Aleem Siddiqui rahimahullah setiap kali mengunjungi 15/20 negara dan melakukan perjalanan tujuh kali ke seluruh dunia. Kedua duta besar Mubaligh Islam ini berkumpul dalam komunitas Muslim di negara yang dikunjungi dan mendirikan organisasi di negara Muslim yang dikunjungi agar berdakwah lebih lancar dan efektif lagi. Beliau memiliki hak istimewa untuk memimpin beberapa Misi Islam baik nasional maupun internasional.

Dr. Fazlur Rahman Ansari, selain mempelajari spiritualisme Islam (Al Ihsan/Tasawwuf) dari Shah Abdul Aleem Siddiqui (rahimahullah), melakukan perjalanan jauh dan luas. Beliau mulai mulai melakukan tur dakwah sebagai anak didik Maulana Abdul Aleem Siddiqui rahimahullah setiap kali mengunjungi 15/20 negara dan melakukan perjalanan tujuh kali ke seluruh dunia. Kedua duta besar Mubaligh Islam ini berkumpul dalam komunitas Muslim di negara yang dikunjungi dan mendirikan organisasi di negara Muslim yang dikunjungi agar berdakwah lebih lancar dan efektif lagi. Beliau memiliki hak istimewa untuk memimpin beberapa Misi Islam baik nasional maupun internasional.

Beliau menulis buku pertamanya di bawah bimbingan Shaikh-nya yang berjudul “The Beacon Light” pada usia 18 tahun saja. Selama kuliah, beliau menulis buku keduanya, “The Christian World in revolution”. Setelah buku-buku ini, banyak buku lain yang ditulis seperti “Muhammad (صلى الله عليه وسلم).” “The Glory of Ages”, “Islam in Europe and America”, dll. Beliau menulis sekitar 40 buku dan dalam bahasa Urdu dan bahasa Inggris. Dia mengedit berbagai majalah dari dalam dan luar negeri. Pada tahun 1973 beliau menulis buku terakhirnya yang penuh makna, yaitu “The Quranic Foundations and Structure of Muslim Society” dalam bahasa Inggris dan dalam dua jilid. Buku ini memberikan Sistem Panduan dengan cara yang rumit, yang membenarkan secara menyeluruh klaim Al Qur’an yang “posisi atas segalanya (di mana umat manusia membutuhkan Bimbingan Ilahi)”.

Aleemiyah Institute of Islamic Studies yang didirikannya adalah salah satu proyek yang luar biasa penting di mana, selain memberikan pendidikan agama dan pelatihan dakwah, mata pelajaran sekuler penting lainnya seperti Ekonomi, studi Perbandingan agama, Jurnalisme, dll, juga diajarkan. Karena usaha dan dedikasinya yang terus menerus kepada Islam dan umat manusia, ribuan orang telah masuk Islam.

Pada bulan Desember 1973 beliau melakukan tur misi terakhir ke Seychelles dan Srilanka dan 1974 menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Senin, 3 Juni, 1974 (Jamadi-ul-Awwal ke-11) pada pukul 10.30 pagi. Beliau dimakamkan di kompleks Islamic Centre (The Aleemiyah Institute of Islamic Studies ). Semoga Allah (سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى) menempatkan beliau di Jannah-Nya dan menempatkan beliau bersama orang-orang shaleh. Aamiin ya Rabbal’alamiin

Maulana Imran N Hosein merupakan murid sekaligus menantunya Maulana Fazlur Rahman Ansari Al Qaderi rahimahullah.

The Aleemiyah Institute of Islamic Studies yang didirikan oleh Maulana Fazlur Rahman Ansari rahimahullah adalah Universitas Islam dan Sains Modern yang terletak di Karachi, Pakistan. Lembaga ini dijalankan oleh World Federation of Islamic Missions. Maulana Imran Hosein tentu saja pernah belajar dan tamat di Universitas ini.

 

 

Please share this post

Terkait

Leave a Comment