Putin tentang sikap nuklir AS yang baru: Jika diserang, Rusia akan menggunakan nuklir

Download

Sikap nuklir AS yang baru membolehkan serangan nuklir sebagai reaksi atas serangan konvensional. Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa jika Rusia diserang dengan senjata nuklir, Rusia tidak akan ragu membalasnya dengan setimpal.

Peringatan Putin tersebut disampaikan saat Presiden Federasi Rusia tersebut menyampaikan pidato kenegaraan pada hari Kamis, di mana dia menyampaikan sejumlah sistem senjata strategis canggih yang baru, yang katanya akan membuat semua kemampuan anti-rudal yang dimiliki AS saat ini jadi tak berdaya. Putin juga menyebutkan tentang sikap nuklir Amerika yang baru, yang melonggarkan beberapa peraturan disaat AS siap untuk menggunakan senjata nuklirnya.

Kami sangat prihatin dengan beberapa bagian dari postur nuklir baru, yang mengurangi tolok ukur penggunaan senjata nuklir. Apapun kata-kata yang membuat tenang yang dapat digunakan di balik pintu tertutup, kita tetap saja bisa membaca apa yang tertulis. Dan dikatakan bahwa senjata ini bisa digunakan sebagai reaksi terhadap serangan konvensional atau bahkan ancaman-cyber,”

“Doktrin nuklir kita menyatakan bahwa Rusia berhak menggunakan senjata nuklir hanya untuk membalas serangan nuklir atau serangan dengan senjata pemusnah massal lainnya terhadap sekutu-sekutunya, atau serangan konvensional terhadap kita yang mengancam eksistensi negara.

“Sudah tugas saya untuk menyatakan hal ini: Setiap penggunaan senjata nuklir yang melawan Rusia atau sekutu-sekutunya, apakah itu skala skala kecil, menengah atau skala lainnya, akan dianggap sebagai serangan nuklir terhadap negara kita. Balasannya akan instan dan dengan semua konsekuensi yang relevan,”

Sumber:

RT News – Putin on new US nuclear stance: If attacked, Russia will use nukes. https://www.rt.com/news/420171-nukes-us-russia-attack/. Diakses pada tanggal 1 Maret 2018

 

Ketika mengambil atau mengutip segala materi baik dalam bentuk tulisan maupun hasil terjemahan dari website Eskatogi Islam ini, mohon masukkan tautan ke artikel asli.

Please share this post

Terkait

Leave a Comment