Turki menghancurkan konvoi di Suriah – Tapi apakah ini konvoi bantuan? (VIDEO)

Download

Staf Umum Turki melaporkan tentang pencegatan sebuah konvoi di Afrin  sekitar 30-40 kendaraan yang dimiliki oleh pihak yang mereka sebut sebagai “kelompok teroris dan milisi Kurdi.”

Pada hari Jum’at seorang sumber dari Kurdi berkata kepada Sputnik bahwa sekitar pukul 20:00 waktu setempat (pukul 01:00 WIB) Angkatan Bersenjata Turki menyerang sebuah konvoi bantuan kemanusiaan di dekat distrik utara Afrika, Afrin.

“Satu orang terbunuh dan tujuh lainnya luka-luka akibat tembakan tentara Turki ke arah sebuah konvoi kemanusiaan dan mobil penduduk yang sedang menuju ke arah Afrin untuk bergabung dalam operasi tersebut,”

kata sumber tersebut.

Sebuah video YouTube menunjukkan angkatan bersenjata Turki menembaki sebuah kendaraan konvoi yang diduga teroris, yang mana Ankara mengatakan bahwa konvoi itu dicegat 15 kilometer (9 mil) dari wilayah tenggara Afrin di Suriah.

“Satu-satunya konvoi kelompok teroris PKK/KCK/PYD-YPG dan ISIS yang ditargetkan selama operasi ini, dan yang paling penting tidak membahayakan warga sipil manapun,”

Bagaimanapun, menurut media Suriah, pasukan Turki telah menghancurkan sebuah konvoi bantuan kemanusiaan yang sedang dalam perjalanan menuju Afrin dan para korban.

Foto dan video yang muncul secara online berikut ini diduga merupakan kendaraan yang terbakar.

https://t.me/NovostiDamask/1788?single

Pada tanggal 20 Januari, militer Turki melancarkan Operasi Olive Branch melawan pasukan Kurdi di distrik Afrin, sebuah wilayah yang dikuasai oleh YPG (Kurdish People’s Protection) dan PYD (Democratic Union Party) yang didukung oleh AS.

Ankara menganggap mereka berafiliasi dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang ditandai sebagai organisasi teroris di Turki dan beberapa negara lainnya.

Awal minggu ini, kantor berita Suriah SANA melaporkan bahwa sekelompok pasukan Suriah telah tiba di Afrin untuk membantu pejuang Kurdi melawan operasi militer Turki

 

Referensi:

Turkey Destroys Convoy in Syria – But Was It an Aid Convoy? (VIDEO). Diakses pada tanggal 23 Februari 2018

 

Ketika mengambil atau mengutip segala materi baik dalam bentuk tulisan maupun hasil terjemahan dari website Eskatogi Islam ini, mohon masukkan tautan ke artikel asli.

Please share this post

Terkait

Leave a Comment